Beranda > Hukum, Kalsel > Satgas Mafia Hukum Mulai Buru Mafia Pertambangan di Kalsel

Satgas Mafia Hukum Mulai Buru Mafia Pertambangan di Kalsel

(SUARAPUBLIC): Satuan Tugas (Satgas) Pemberantasan Mafia Hukum segera turun memburu mafia hukum ke daerah-daerah. Salah satu target antara lain memberantas mafia pertambangan dan kehutanan di Kalimantan Selatan (Kalsel). Mafia tambang dan kehutanan jadi target, karena mengakibatkan kerusakan lingkungan yang luar biasa.

“Saya memiliki ikatan emosional cukup erat dengan Kalsel, sehingga tidak akan membiarkan tanah kelahiran saya ini dihancurkan mafia-mafia tambang dan lainnya,” kata Sekretaris Satgas Denny Indrayana di Banjarmasin, kemarin. Denny yang lahir di Pulau Laut, Kotabaru, Kalsel, melihat banyak indikasi keterlibatan mafia hukum.

Selain itu, ujar Denny, kerusakan alam yang cukup parah dilihat dengan banyaknya lubang-lubang bekas galian tambang hampir di sepanjang wilayah dari Kabupaten Banjar menuju Kabupaten Kotabaru dan Tanah Bumbu. Hal itu terjadi, karena ada oknum aparat yang mengeluarkan izin, tanpa mempertimbangkan kaidah kelestarian lingkungan.

Siapa oknum yang sedang dibidik Satgas? Denny meminta agar publik menyerahkan sepenuhnya kepada Satgas dan membiarkan dia bersama timnya bekerja terlebih dahulu. Satgas terus bekerja. “Siapa yang akan kami periksa, tunggu saja hasilnya. Biarkan dulu kami bekerja,” ujarnya.

Denny mengatakan, Satgas memetakan sembilan mafia yaitu mafia peradilan yang melibatkan jaksa, kepolisian, pengacara dan lainnya. Mafia korupsi, pajak dan bea cukai, tambang dan energi, mafia tanah, hutan, perbankan dan pasar modal, serta mafia perikanan. Kesembilan mafia itu menjadi target Satgas untuk diberantas habis. “Satgas sedang fokus memberantas sembilan macam mafia yang disebut sembilan “big fish” (kelas kakap),” tandasnya.(*)

Tag:

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: