Beranda > DAS Barito, KORPOLHUKRIM, Politik > Dewan Barut Pelisiran ke Bogor

Dewan Barut Pelisiran ke Bogor

MUARATEWEH-Belum lagi genap setahun menjalankan tugasnya sebagai wakil rakyat, anggota DPRD Kabupaten Barito Utara (Barut) sudah mulai memanfaatkan uang rakyat untuk pelisiran ke kota besar Pulau Jawa. Kali ini tujuan pelisiran mereka ke kota hujan Bogor, Jawa Barat.

Belum jelas tujuan mereka ke kota yang rata-rata dihuni oleh gadis cantik itu. Sebab ketika hendak dikonfirmasi, mereka sudah berangkat ke tujuan. Namun beberapa staf secretariat dewan menyebutkan, wakil rakyat Barut dalam tugas reses soal pengelolaan air besar, pertanian dan perkebunan.

Sejumlah masyarakat sangat menyayangkan, belum memberikan manfaat bagi warga anggota dewan sudah mulai jalan-jalan ke pulau Jawa, dengan temeng melakukan reses berhubungan dengan kinerja mereka di gedung wakil rakayat.

“Dari dulu tujuan anggota dewan, kalau tidak Batam, Palembang, Singapura, Malaysia, Bandung pasti Bogor. Uniknya yang mereka pelajari selalu masalah cara pengelolaan air. Tidak ada manfaatnya, sebab hingga sekarang air didistribusikan PDAM masih kotor, belum layak minum, baru aman untuk cuci pakaian dan mandi,” ucap Muhammad Ikhsan, Ketua LSM Telabang, Kamis (10/12) malam.

Menurut Ihksan, paling epektif melakukan kunjungan kerja soal pengelolaan air bersih, pertanian maupun sector lainnya adalah petugas dinas teknis. Dan Paling pas tujuan kunker dewan adalah ke Departemen Dalam Negeri di Jakarta.

“Tugas mereka membahas Perda dan APBD. Jadi cocoknya, jika pun mereka tetap harus belajar, adalah Departemen Dalam Negeri. Tapi tak juga harus kunker, karena menyangkut materi, bisa saja di kirimkan via email atau di faximile,” tegas Ihksan.

Dikatakan Ihksan, bila anggota dewan memang harus diberi pelatihan masalah mengelola air bersih, sebenarnya bisa tak harus ke kota jauh seperti Bogor maupun kota Pulau Jawa lainnya. Karena mereka bisa belajar dengan petugas PDAM Bandarmasih, Kalsel.

Sebab petugas DPAM Bandarmasih termasuk berhasil mengelola air bersih. “Bayangkan air mentah disana benar-benar kotor, karena berbaur dengan air asin dari laut dan sampah rumah tangga. Tapi PDAM Bandarmasih mampu menyulapnya menjadi air yang layak di konsumsi masyarakat,” kata Ihksan.

Kedepannya Ihksan berharap, bila mereka benar-benar melakukan kunjungan kerja soal air bersih, pengelolaan pertanian dan perkebunan, bila tiba nanti harus langsung di terapkan. Agar, sebutnya, lima tahun mendatang, anggota dewan yang terpilih bisa belajar masalah lain, tidak kembali belajar masalah pengelolaan air.S.

Tag:
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: