Beranda > Tak Berkategori > Kelulusan Didominasi Kerabat Pejabat

Kelulusan Didominasi Kerabat Pejabat

(MUARATEWEH): Keraguan sejumlah peserta tes CPNS dilingkungan Pemkab Barito Utara (Barut), Kalteng, terhadap data hasil kelulusan terus mengemuka. Namun sayang tudingan telah terjadi manipulasi data hasil kelulusan hingga Selasa (1/12) pagi ini masih belum bisa dibuktikan lantaran situs BKN pusat sulit diakses.

“Kecurangan ini harus diungkapkan agar tak terjadi dikemudian hari.  Sekarang langkah kita melakukan perbandingan data dikeluarkan BKN pusat dengan data yang diumumkan BKD Barito Utara kemaren. Tapi situs BKN masih belum bisa terakses,” ucap seorang peserta via ponsel, Selasa pagi.

Sebagaimana diketahui, pasca pengumuman hasil tes CPNS 2009 dilingkungan Pemkab Barut, Senin sore, kecurigaan terjadi kecurangan mengemuka. Dasar tudingan, beberapa peserta ternyata usai mengerjakan soal telah melakukan evaluasi hasil jawabannya dengan beberapa buku pelajaran.

Sementara itu, Selasa pagi, diperoleh informasi baru seputar data kelulusan dimana disebutkan jika kelulusan didominasi kerabat maupun mereka yang punya koneksi dengan sejumlah pejabat penting di lingkungan Pemkab Barut.

“Ada cucu pejabat, ada yang kerabatnya punya hububangan baik dengan beberapa pejabat, ada kerabat dekat anggota dewan. Ini menguatkan dugaan kami jika kelulusan tahun ini tidak murni berdasarkan hasil tes tertulis,” ucap seseorang yang mengontak langsung ponsel Suarapublic, Selasa pagi.

Ada juga informasi, seorang hononer ikut tes CPNS namun tak menyertakan surat pengunduran dirinya dari honorer. Kalau boleh jujur, ini sebenarnya dari segi persyaratan administrasi sudah gugur. Sebab aturan BKD jelas disebutkan jika seorang honorer ikut tes CPNS kelompok umum harus terlebih dahulu mengundurkan diri dari status honor nya.

Terhadap kecurigaan mereka itu, sejumlah peserta berharap sekali bantuan petugas BKN pusat mamu membantu, setidaknya mau mencocokan data BKN pusat dengan data kelulusan yang diumumkan BKD Barut.

“Kami tidak rakus untuk menjadi PNS. Kami ikut serta disamping melihat peluang terbuka karena katanya seleksi dilakukan langsung BKN pusat, kami ingin mencoba peruntungan di jalur birokrat. Tapi ternyata mereka yang lulus kebanyakan hasil loby,” pungkas seorang perempuan via ponsel.

Masih terkait dengan tudingan terjadi kecurangan, diperoleh pula informasi beberapa mereka yang lulus karena mengetahui jalur loby menggunakan jasa uang. Namun kisaran angkanya tak jelas diketahui karena koneksi dengan sumber yang menelpon terganggu jaringan.

Konfirmasi masalah ini belum berhasil diperoleh dari BKD Barut. Ketika coba dihubungi pejabat berkompenten sedang sibuk.

Tag:
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: