Beranda > DAS Barito > Beberapa Peserta Sangsikan Kelulusan Murni

Beberapa Peserta Sangsikan Kelulusan Murni

MUARA TEWEH-Upaya pemerintah pusat mengurangi jumlah pengangguran melalui penerimaan CPNS untuk

tahun ini usai sudah. Secara umum pelaksanaan masing-masing daerah termasuk di Barito Utara berlangsung lancer.

Namun  dibalik suksesnya pelaksanaan oleh Pemkab masing-masing di Indonesia, meski BKN pusat (melalui BKD di daerah) menjamin penetapan kelulusan melalui proses secara independen, ta

pi masih saja ada suara sumbang terdengar terkait kemurnian pelaksanaan rekrutmen didaerah.

Setidaknya adanyakesangsian itu untuk pelaksanaan tes CPNS terakhir ini di lingkungan Pemkab Barito Utara. Beberapa diantara peserta yang tak puas mengaku sangsi kelulusan ditetapkan berdasarkan hasil tes tertulis.

“Saya tidak yakin kelulusan murni berdasarkan hasil tes. Terus terang, usai tes saya langsung cari perbandingan jawaban saya. Hasilnya hanya 4 soal umum, kosa kata dan logika yang saya jawab salah, selebihnya benar. Memang evaluasi ini tidak termasuk hasil soal terakhir menyangkut kepribadian,” ucap seorang peserta, beberapa saat usai melihat hasil pengumuman di BKD Barito Utara, kemaren sore.

Keraguannya itu diperkuat dengan orang disebelahnya, yang dia ketahui menjawab lebih cepat karena sebarang lingkar (menurut isting) begitu hasil pengumuman dinyatakan lulus. Hanya sayangnya dia enggan menyebutkan rinci identitas orang disebahnya itu.

“Pokoknya hanya saya dan Tuhan yang tahu, bahwa penetapan condong dipengaruhi loby dan tidak lebih dari 10 persen murni hasil tes tertulis. Maaf saya mengatakan ini agar dikemudian hari praktek kurang sehat yang cenderung merugikan orang lain tak terulang. Demi Tuhan saya tak menyesal tak lulus, karena saya juga masih ada pekerjaan lain,” tegasnya.

Dugaan terjadi kecurangan terhadap penetapan nama-nama yang lulus tes CPNS November 2009 dilingkungan Pemkab Barut belum berhasil di konfirmasikan kepada kepala BKD setempat. Saat coba ditemui dia mengaku sedang sibuk mempersiapkan proses rekrutmen selanjutnya.

Tag:
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

