Beranda > DAS Barito > Debit Air Sungai Barito Naik

Debit Air Sungai Barito Naik

MUARA TEWEH-Kabar kembira untuk para pengusaha tambang batu bara yang punya investasi di wilayah Kabupaten Barito Utara (Barut) dan Kabupaten Murung Raya (Mura), Kalteng. Pasalnya, debit air di bagian hulu Sungai Barito yang sebelumnya surut kini mengalami kenaikan lebih dari satu meter.

Debit air Sungai Barito sendiri mengalami kenaikan setelah beberapa daerah diwilayah Barut dan Mura kemaren diguyur hujan cukup lebat. Belum diketahui persisi tingkat curah hujan termasuk daerah potensi hujan hingga beberapa minggu kedepan.

Ini karena data dari Badan Meteologi Geofisika Barut belum berhasil terkaper. Hanya diberi penjelasan, dalam kurun dua minggu kedepan mulai Jumat (20/11), pontensian curah hujan hampir merata diwilayah Barut dan Mura.

Soal kedalaman air tak masalah untuk pengangkutan batu bara meski dalam kafasitas besar. Hanya saja jembatan KH Hasan Basri yang membentang sungai Barito di daerah Pasar Dermaga Muara Teweh, diragukan bisa dilewati.

Kira-kira jarak mulai dari permukaan air hingga lantai jembatan tak lebih dari dua meter. Namun untuk tongkang besar disarankan untuk terlebih dahulu memeriksa sekitar jembatan sebelum memutuskan melintas.

Karena sepertinya dengan kondisi air yang cukup tinggi kenaikannya dibanding dua hari lalu, dibawah jembatan hanya bisa dilewati tongkang bermuatan kurang dari 500.000 MT.”Nanti kita akan buat surat edaran bila bawah jembatan KH Hasan Basri tak layak dilewati,” ucap Tenggara, Kepala Dinas Perhubungan dan Telekomonikasi Barut.

Tag:
  1. 13 Desember 2009 pukul 12:01 PM

    Sorry for commenting offtopic … what Word Press template do you use? It’s looking great!!

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: