Beranda > DAS Kapuas > Kapuas Rawan Tindak Kejahatan

Kapuas Rawan Tindak Kejahatan

  • Sebulan Delapan Kali Perampokan

KUALAKAPUAS-Aksi pencurian dengan kekerasan (curas) di Kabupaten Kapuas, cenderung meningkat. Dalam sebulan, tercatat sudah delapan kali perampokan.

Kawasan yang rawan perampokan itu adalah wilayah Lupak Kecamatan Kapuaskuala dan Terusan, Kecamatan Selat. “Setidaknya ada tiga kali laporan terjadi curas di darat, dan lima lagi di sungai,” kata Kapolres Kapuas AKBP Yun Imanullah melalui Kasat Reskrim AKP Ganda M Saragih, Senin (16/11).

Umumnya, korban yang menjadi sasaran perampokan adalah warga dan pedagang keliling. Di sungai, wilayah operasi pelaku umumnya di kawasan yang jauh dari permukiman warga serta tidak terjangkau sinyal komunikasi.

Keadaan ini, sebut Ganda, membuat polisi kesulitan menindaklanjuti laporan. “Karena tidak bisa melakukan komunikasi, korban baru bisa melaporkan beberapa saat setelah kejadian. Tentunya, hal ini membuat kami kesulitan melakukan pengejaran karena sudah keburu kehilangan jejak,” ujarnya.

Untuk mengantisipasi dan mengintensifkan penyelidikan, Polres Kapuas, telah membentuk tim khusus yang bertugas untuk melakukan penyelidikan.

Namun partisipasi masyarakat dalam mengantisipasi terjadinya tindak kejahatan pada jam rawan, mutlak tetap diperlukan.

Dijelaskan Ganda, tim khusus itu terdiri dari tiga unit untuk disebar beberapa titik yang dianggap rawan. Hasilnya, sejauh ini sudah terungkap beberapa kasus pencurian dengan pemberatan.

Beberapa kasus perampokan yang menonjol di Kabupaten Kapuas dalam sebulan terakhir, antara lain seperti yang terjadi di Desa Terusan Raya RT 10 ray 11 Kecamatan Selat. Dalam aksinya, pelaku yang bekerja secara berkelompok, tak segan melukai korbannya dengan senjata tajam.

Kasat mengaku, sudah mendapat titik terang terkait aksi-aksi perampokan itu, namun masih harus dilakukan penyelidikan mendalam. “Pelakunya kebanyakan pemain lama yang memang terkenal licin,” katanya.

Tag:
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: