Beranda > DAS Barito > Pisang Unik Tarik Perhatian Warga

Pisang Unik Tarik Perhatian Warga

MUARA TEWEH-Buah pohon pisang di halaman rumah seorang warga Muara Teweh Kabupaten Barito Utara (Barut), Kalteng menarik perhatian masyarakat setempat. Tumbuhnya dianggap unik dimana sisir buahnya bergerendet panjang hingga menyentuh tanah.
pisang sisir seribu
“Pemiliknya menyebut pohon pisang tanamannya `pisang seribu sisir`. Panjang tandannya hampir tiga meter, namun unik pohonnya tetap berdiri kokoh tanpa bantuan kayu penyangga,” kata seorang warga.

Hasil penelusuran, pemilik pohon pisang langka tersebut Miskad. Dia bermukim di Jalan Bhayangkara, Gang Bima, Muara Teweh. Adapun bibit pohon pisang itu diperolehnya dari seorang warga Kabupaten Balangan (Kalsel).

“Bibit saya tanam sekitar setahun lalu dan baru dua bulan ini berbuah. Awalnya saya juga kaget karena juga baru pernah melihatnya berbuah meski orang yang menjualnya ke saya sudah memberitahu seperti apa buah pisang miliknya itu,” ucap Miskad, di temui di rumahnya, Sabtu (14/11).

Meski tempat tinggalnya relatif jauh dari keramaian, namun setelah beredar kabar keanehan pohon pisang tersebut membuat warga masyarakat mendatangi rumahnya untuk melihat `pisang seribu sisir`

Bahkan, kata dia, anak pohon pisang yang masih kecil-kecil tersebut sudah ada yang memesan untuk ditanam di tempat lain.

“Mungkin karena baru pertama kali di daerah ini pohon pisang dengan sisir banyak, sehingga menarik perhatian warga namun kami belum tahu seperti apa rasanya pisang itu karena masih mentah,” katanya.

Sementara Kepala Bidang Pertanian pada Dinas Pertanian, Perikanan dan Peternakan Barito Utara, Rosmadianor mengatakan pihaknya masih belum mengindetifikasi jenis pisang itu.

“Kalau mendengar keterangan asal usul pisang itu dari pemiliknya, bukan lantaran penyimpangan genetika, kendati demikian pihaknya akan meneliti penyebabnya hingga bersisir banyak” kata Rosmadianor.

Pihaknya juga akan meminta anak pohon pisang itu untuk dijadikan tanaman koleksi guna menambah kekayaan buah-buahan di kawasan Balai Pembudidayaan Tanaman dan Holtikultura milik pemerintah daerah setempat di kilometer 7 Jalan Negara Muara Teweh – Puruk Cahu.

Tag:
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: