Beranda > DAS Barito > Polisi Sita Kayu Olahan Tanpa Dokumen

Polisi Sita Kayu Olahan Tanpa Dokumen

MUARA TAWEH-Jajaran Polres Kabupaten Barito Utara (Barut) Kalimantan Tengah berhasil mengamankan puluhan keping kayu olahan jenis meranti (Sorea Sp) panjang empat meter tanpa dilengkapi dokumen dalam operasi Wanalaga.

“Puluhan potong kayu olahan jenis papan itu sudah kami amankan bersama pemiliknya,” kata Kasat Reskrim Polres Barut AKP Dadan W Laksana di Muara Teweh, Selasa (3/11).

Menurut Dadan, pemilik 91 keping kayu olahan ilegal berukuran 2 x 20 centimeter itu bernama Fery Arsidi warga Jalan Sengaji Hilir Muara Teweh.

Pelaku, kata dia, ditangkap polisi saat membawa kayu tanpa dokumen di kilometer 21, Jalan Negara Muara Teweh – Banjarmasin, kawasan Desa Hajak, Kecamatan Teweh Tengah pada Selasa (3/11) dinihari, sekitar pukul 03.30 WIB.

“Barang bukti berupa puluhan kayu dan sebuah mobil terbuka sudah kami amankan di Polres,” katanya.

Kasat Reskrim menjelaskan, ditangkapnya pelaku yang mengangkut kayu olahan ilegal itu menggunakan sebuah mobil terbuka dengan nomor polisi DA 9890 BG.

Saat ditangkap polisi, kata dia, pelaku tidak bisa menunjukkan dokumen atau surat izin mengangkut kayu olahan yang rencananya akan dijual ke Muara Teweh tersebut.

“Kayu itu dibeli pelaku dari warga di pinggiran ruas jalan negara tersebut, namun tidak diketahui siapa orangnya,” katanya.

Tersangka kayu ilegal itu dijerat pasal 78 ayat 7 junto pasal 50 ayat 3 huruf a Undang-Undang Nomor 41 tahun 1999 tentang kehutanan dengan ancaman lima tahun lebih kurungan penjara.

“Saat ini polisi terus melakukan operasi Wanalaga selain di masyarakat umum juga di sejumlah perusahaan yang bergerak di sektor perkayuan di daerah ini untuk memberantas kegiatan pembalakan liar (llegal logging),” katanya

Tag:
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: