Beranda > DAS Barito > Insentif Rp 15 Juta Per Bulan Pun Lenyap

Insentif Rp 15 Juta Per Bulan Pun Lenyap

PURUKCAHU-Formasi calon pegawai negeri sipil (CPNS) khusus untuk dokter spesialis di Kabupaten Murung Raya (Mura) Kalimantan Tengah tahun 2009 tidak ada pelamarnya.”Empat formasi dokter spesialis yang disediakan tidak ada pelamarnya, padahal kami sudah memberikan fasilitas lengkap termasuk uang insentif Rp 15 juta per bulan,” kata Wakil Bupati Murung Raya, Nuryakin di Puruk Cahu, kemaren.

Menurut Nuryakin, tahun ini Pemkab Murung Raya rencananya merekrut dokter spesialis empat orang yakni dokter spesialis anak, penyakit dalam, mata dan bedah.

Selain fasilitas berupa mobil dan rumah dinas serta insentif khusus itu, kata dia, para CPNS dari tenaga medis ini juga diupayakan untuk diangkat secara langsung tanpa melalui seleksi atau tes yang akan diusulkan ke Menteri Negara Pemberdayaan Aparatur Negara (Menpan).

Kebijakan ini memang akan diterapkan pemerintah karena masih banyak CPNS dari kalangan dokter baik umum maupun spesialis yang tidak mau bertugas di pedalaman khususnya di wilayah Kalteng.

“Namun sejak ditutupnya pendaftaran Rabu (4/11), formasi CPNS dokter spesialis ini tidak ada peminatnya,” kata Nuryakin.

Nuryakin mengatakan, selain dokter spesialis, formasi tenaga medis lainnya seperti dokter umum sebanyak delapan orang ditambah tiga dokter gigi, sementara yang mendaftar hanya dua orang yakni dari dokter umum.

“Mungkin karena berada di pedalaman sehingga para dokter enggan bertugas di sini,” katanya.

Menurut dia, penerimaan CPNS di lingkungan pemerintah kabupaten paling utara Kalteng ini dialokasikan sebanyak 458 formasi dengan jumlah pelamar mencapai 1.053 orang berpendidikan sarjana dan diploma 2 (D2).

Namun, kata dia, dari ribuan pendaftar tersebut ada 94 formasi yang tidak ada pelamarnya atau kosong, selain dokter spesialis, dokter umum dan dokter gigi juga tenaga pendidikan dan kesehatan lainnya khususnya kebidanan.

“Padahal dua bidang ini, selain tenaga teknis lainnya sangat dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan guru dan perawat atau tenaga medis, terutama di daerah pedalaman,” ujarnya.

Tag:
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: