Beranda > DAS Barito, Serimonial > 2010, TNI AD Bangun Batalion Pedalaman Barito

2010, TNI AD Bangun Batalion Pedalaman Barito

JAKARTA-Markas Besar Angkatan Darat (TNI AD) berencana membangun markas batalion infanteri 623 seluas 65 hektare di wilayah Desa Sikuy, kecamatan Teweh Tengah, Kabupaten Barito (Barut), Kalimantan Tengah pada 2010. “Lokasi pembangunan batalion sudah ditinjau tim dari Mabes TNI-AD yang dimulai tahun depan,” kata Dandim 1013 Muara Teweh, Letkol Inf Muhammad Hasan.

Menurut Hasan, pembangunan batalion yang akan diberi nama Panglima Batur yang merupakan pejuang perang Barito asal Kabupaten Barito Utara ini nantinya membawahi empat kabupaten pedalaman Sungai Barito.

Lokasi markas militer membawahi batalion yang ada di Muara Teweh Kabupaten Barut, Puruk Cahu Kabupaten Murung Raya, Kabupaten Barito Timur dan Barito Selatan ini terletak di kilometer 34 Jalan Negara Muara Teweh-Banjarmasin.

“Batalion ini untuk menampung 747 orang prajurit tempur dipimpin seorang berpangkat Letkol,” katanya.

Di lokasi batalion itu juga akan dipasang monumen atau patung Panglima Batur setinggi empat meter terbuat dari fiber glass.

“Pemasangan patung Panglima Batur yang sudah ada di Muara Teweh ini atas perintah Kepala Staf TNI-AD (Kasad), dan tinggal dipasang di lokasi pembangunan batalion,” katanya.

Sementara Asisten I Bibang Pemerintahan Pemkab Barito Utara, Langkap Umar mengatakan lahan pembangunan batalion itu dulunya masuk areal perusahaan PT Austral Byna, namun kini sebagian ditanami kebun karet masyarakat.

“Masyarakat bersedia menyerahkan lahan itu, namun tidak dilakukan ganti rugi. Pemkab hanya memberikan santunan (tali asih) untuk masyarakat terutama yang punya kebun,” katanya.

Tag:
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: