Beranda > DAS Barito > Tawarkan Potensi Alam Arung Jeram

Tawarkan Potensi Alam Arung Jeram

PURUKCAHU-Pemerintah Kabupaten Murung Raya, Kalimantan Tengah, mengembangkan riam bebatuan di pedalaman Sungai Barito sebagai salah satu obyek wisata alam arung jeram untuk peminat wisata petualangan. “Riam-riam yang berada di pedalaman tersebut sangat cocok untuk olah raga alam yang menantang,” kata Wakil Bupati Murung Raya Nuryakin di Puruk Cahu.

Riam-riam tersebut berada di wilayah hulu anak sungai Daerah Aliran Sungai (DAS) Barito seperti Sungai Busang, Sungai Murung dan Sungai Joloi. Sungai dengan ratusan riam itu mempunyai daya tarik yang dapat dirasakan dari jeram, keindahan arus riam, keindahan batu-batuan di tebing pinggiran sungai serta keaslian hutan alam. “Riam yang ada di wilayah hulu sangat cocok untuk para pencinta olah raga petualangan,” katanya.

Riam-riam tersebut pernah diuji coba pada tahun 1998 oleh Tim Ekspedisi Borneo Divisi Pencinta Alam (Dimpa) Universitas Muhammadiyah (Unmuh) Malang, Jawa Timur. Tingkat kesulitan riam-riam tersebut antara 3 sampai 4 plus dengan ketinggian gelombang (standing wave) sekitar 4 hingga 5 meter yang berada di lokasi antara Tumbang Jujang dan Parahau dimana terdapat 14 riam besar. Sedangkan di Parahau-Joloi ada tujuh riam besar.

Kondisi riam di pedalaman kabupaten paling utara Kalimantan Tengah itu berbeda dengan riam yang ada di Pulau Jawa. Pulau Jawa keadaan sungainya sempit penuh dengan manuver-manuver akibat bentukan arus timbul dari bebatuan.

Sedangkan riam di Kalimantan khususnya di Sungai Busang memiliki riam yang lebar dengan bentukan sungai dan bebatuan sehingga diperlukan kecepatan mendayung. Perbedaan tingkat kesulitan itulah, ujar Nuryakin, pada segi keamanan untuk riam-riam di pedalaman kabupaten pemekaran dari Kabupaten Barito Utara itu sangat cocok untuk olah raga arus deras yang penuh tantangan dan risiko.

Tag:
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: