Beranda > DAS Barito > Pencemaran DAS Barito Parah

Pencemaran DAS Barito Parah

PURUKCAHU-Pertambangan illegal atau pertambangan tanpa izin yang tak terbendung, diduga menjadi penyebab parahnya pencermaran di sungai Barito. Ironisnya, sungai barito tidak saja menjadi sarana transportasi bagi masyarakat, tetapi sangat banyak warga yang mengunsumsi air dari sungai tersebut.

Menurut salah seorang warga Muara Laung, Regenson, tercemarnya air sungai itu, diduga berasal dari limbah operasional tambang illegal di daerah tersebut, yang menggunakan merkuri untuk proses emas mentah.

“Kini sejumlah warga mulai enggan mengkonsumsi air DAS Barito. Pasalnya, penduduk terserang penyakit mulai meningkat, seperti gatal-gatal dan bergaia keluhan lainnyan,” kata Regenson, kemaren.

Menurutnya, bersama warga yang lain berharap, agar kegiatan aktivitas tambang illegal segera dihentikan. Karena, kata dia, semua penambang emas liar itu menggunakan bahan kimia yang membahayakan, bagi mahluk hidup dan merusak ekosistem lingkungan.

Dia menegaskan, aktivitas PETI di DAS Barito sudah tergolong sangat memperihatinkan. Karena jumlah para penambang liar ini semakin hari semakin bertambah, baik yang di darat maupun di sungai.

Tag:
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: