Beranda > DAS Kahayan > Disiapkan 2.900 Hewan Kurban

Disiapkan 2.900 Hewan Kurban

PALANGKARAYA-Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah telah menyiapkan 2.900 hewan kurban untuk memenuhi kebutuhan Hari Raya Idul Adha mendatang. Hewan itu terdiri dari 1.400 ekor sapi dan 1.500 kambing.”Masyarakat tidak perlu khawatir kekurangan stok hewan kurban untuk Hari Raya Haji nanti,” kata Kepala Dinas Peternakan dan Pertanian Kalimantan Tengah (Kalteng) Tute Lelo, Senin (9/11).

Tute mengungkapkan, untuk memenuhi kebutuhan hewan kurban, pihaknya terpaksa memasok sebagian besar hewan dari luar Kalteng. Sekitar 40% sapi didatangkan dari Sulawesi, Nusa Tenggara Barat, dan Jawa Timur.

Sementara itu, sisanya merupakan produksi petani lokal di sejumlah kabupaten sentra peternakan sapi, seperti, Kabupaten Kapuas, Pulang Pisau, Kotawaringin Timur dan Kotawaringin Barat.

“Para peternak sapi Kalteng biasanya mensiasati pembelian hewan kurban dua bulan sebelumnya, ketika harga masih rendah,” katanya.

Tute menambahkan, selama dua bulan tersebut, peternak lokal menggemukkan sapi agar harganya meningkat dan layak dikurbankan. Sapi-sapi tersebut biasanya dijual seharga Rp7 juta sampai Rp9 juta per ekor.

Untuk menjaga agar daging layak dikonsumsi, katanya, pihaknya melakukan pemeriksaan kesehatan terhadap hewan kurban seminggu sebelum dipotong. Pemeriksaan dilakukan bekerja sama dengan petugas di kabupaten/kota dengan mengambil sampel darah hewan yang selanjutnya diperiksa di laborarotium.

Tag:
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: