Beranda > KORPOLHUKRIM, Politik > Bila Politik Sudah Masuk ke Ranah Hukum

Bila Politik Sudah Masuk ke Ranah Hukum

JAKARTA-GEGAP gempita dukungan masyarakat terhadap Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) tampaknya sulit terbendunglagi.Solidaritasrakyat yang digerakkan oleh hati nurani untuk membela KPK tidak berhenti pada dukungan para pengguna situs jejaring sosial Facebook yang mencapai angka lebih dari 1 juta, melainkan juga dari kalangan intelektual dan tokoh masyarakat.

Gerakan yang bertumpu pada kekuatan moral ini bukan dijawab dengan penyelesaian atas kasus “cicak versus buaya” secara elegan, melainkan justru dijawab pihak kepolisian dan Kejaksaan Agung dengan mencari dukungan politik dari para anggota Komisi III DPR yang membidangi hukum.Ini justru menimbulkan gerakan moral yang lebih besar lagi.

Pada Minggu, 8 November 2009, massa berjumlah ribuan dari berbagai elemen masyarakat tumpah ruah di Bundaran Hotel Indonesia (HI), Jakarta, untuk menunjukkan solidaritas mereka terhadap KPK. Hari ini,Selasa,10 November 2009,akan terjadi lagi demonstrasi besar mahasiswa Universitas Indonesia (UI) di Bundaran HI.

Ajakan untuk demonstrasi ini telah dipasang di majalah dinding (mading) di seluruh fakultas di lingkungan Kampus UI Depok. Selebaran ajakan demo itu bergambar “cicak versus buaya” yang sedang bertarung. Bahkan para mahasiswa baru Fakultas Teknik (FT) UI sudah menjalani “latihan demonstrasi” sebagai bagian dari pekan orientasi FTUI.

Walau itu dilakukan secara santai, semua mahasiswa baru FTUI benar-benar disiapkan oleh para seniornya untuk menghadapi demo yang sesungguhnya. Rencananya, para mahasiswa UI akan berkumpul di Fakultas Psikologi UI yang letaknya tepat di dekat bundaran masuk ke berbagai fakultas di Kampus UI Depok. Tepat pukul 9 pagi para mahasiswa diharapkan sudah berkumpul di Fakultas Psikologi UI.

Tanggal 10 November merupakan hari keramat bagi bangsa Indonesia karena pada tanggal itu 64 tahun lalu para pemuda Indonesia bersatu padu melawan Inggris yang akan memberi jalan masuk bagi Belanda untuk kembali menjajah Indonesia. Kini, para mahasiswa UI akan memperingati Hari Pahlawan dengan berdemonstrasi menunjukkan dukungan mereka pada pemberantasan korupsi di negeri yang kita cintai ini.

Tag:
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: