Beranda > DAS Barito > Rapat Penelaahan Program KB dan PP

Rapat Penelaahan Program KB dan PP

Laporan : Tauhidin Noor DS, SH.

MUARA TEWEH-Badan Keluarga Berencana dan Pemberdayaan Perempuan (BKBPP) Barito Utara (Barut) gelar rapat penelaahan program Keluarga Berencana dan Pemberdayaan Perempuan (KBPP), digedung Balai Antang Muara Teweh, Selasa (3/11). Kegiatan dilaksanakan selama dua hari dari tanggal 3-4 November 2009.

Hadir dalam kegiatan tersebut Bupati Barut Ir H Achmad Yuliansyah MM, Kepala BKKBN Provinsi Kalteng, Kepala Badan PP, Anak dan KB Kalteng, unsur Muspida, Ketua DPRD, Ketua Pengadilan Negeri, Ketua Pengadilan Agama, Sekretaris Daerah Pemkab Barut, Staf Ahli Bupati dan Kepala Dinas/Badan, Camat se Barut dan sejumlah peserta rapat.

Bupati Barut Ir H Achmad Yuliansyah, MM dalam sambutannya mengatakan, kegiatan rapat penelaahan ini memiliki makna yang besar dalam upaya memberikan pemahaman yang benar terhadap arti kesetaraan dan keadilan gender, percepatan gerakan nasional wajardiknas sembilan tahun dan pemberantasan buta aksara serta melakukan evaluasi program KB dan PP.

Sebelumnya, saya telah memberikan arahan sekaligus stressing terhadap jajaran pimpinan SKPD Barut dibidang pembangunan keluarga berenca dan pemberdayaan perempuan agar mengoptimalkan peranan PLKB/PKB ditingkat kecamatan dan desa/kelurahan, kata Yuliansyah Bupati Barut.

“Melalui kegiatan rapat penelaahan ini marilah kita laksanakan evaluasi serta menyusun strategi penajaman manajemen pengelolaan program KB dan PP melalui kebijakan, program dan kegiatan yang dilakukan dengan memperhatikan pengalaman, aspirasi, kebutuhan dan permaslahan diberbagai bidang pembangunan untuk meningkatkan akuntabilitas Pemerintah terhadap rakyatnya,” katanya.

Menurutnya, untuk mewujudkan kesetaraan dan keadilan gender, kesejahteraan dan perlindungan anak dalam kehidupan berkeluarga, bermasyarakat sebagai dasar mencapai keluarga kecil bahagia sejahtera tersebut bukanlah mudah. Karena hal ini bukan tanggungjawab Badan KB dan PP saja tapi merupakan tanggungjawab kita bersama.

“Oleh karena itu setiap pelaksanaan kegiatan yang memerlukan dukungan semua pihak itu harus selalu dikoordinasikan dengan lintas sektor/lintas program terkait,dan saya yakin, kalau kita senantiasa bergandeng tangan dalam melakukan semua kegiatan maka Insya Allah impian kita untuk terwujudnya kesetaraan dan keadilan gender, kesejehteraan dan perlindungan anak dalam kehidupan berkeluarga, bermasyarakat sebagai dasar mencapai keluarga kecil bahagia sejehtera dapat menjadi kenyataan”, kata pa Yuli, panggilan akrab Bupati Barut ini.

Kemudian lanjudnya, kesadaran yang harus kita pegang bersama adalah peran serta masyarakat merupakan prasyarat bagi pendukung keberhasilan, kelangsungan dan kemandirian pembangunan terutama pembangunan yang berperspektif gender atau sensitif gender.

Tag:
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: