Beranda > DAS Barito > Kembali Digelar Festival Tandak Intan Kaharingan

Kembali Digelar Festival Tandak Intan Kaharingan

Laporan : Tauhidin Noor DS, SH.

MUARA TEWEH-Umat Hindu Karingan di Kabupaten Barto Utara (Barut) kembali melaksanakan Festival Tandak Intan Kaharingan Tingkat Kecamatan Teweh Tengah. Kegiatan sakral bagi umat hidu kahariangan ini dilaksanakan di Balai Basarah Jalan Teluk Mayang Muara Teweh.

Festival dibuka secara langsung oleh Camat Teweh Tengah Drs Misrani. Sedangkan waktu pelaksanaan kegiatan pada tanggal 30 Oktober sampai dengan 1 Nopember 2009, yang di ikuti para peserta kurang lebih 105 orang terdiri peninjau yang merupakan utusan setiap Desa di Kecamatan Teweh Tengah.

Ketua pelaksana kegiatan Festival Tandak Intan Kaharingan, Prinadi mengatakan, kegiatan dimaksudkan sebagai sarana pengembangan, penghayatan dan pengamalan ajaran agama hindu kaharingan melalui kitab suci panaturan dan lagu-lagu rohani yang ada dalam buku Kandayu.

“Dengan dilaksanakannya kegiatan festival tandak intan Hindu kaharingan ini bertujuan untuk menigkatkan rasa persaudaraan, persahabatan juga keakraban guna untuk pembangunan di bumi Iya Mulik Bengkang Turan yang kita cintai ini,” ujarnya.

Menurutnya, sebagai dasar dilaksanakannya kegiatan ini festival tandak Intan Hindu Kharingan di tingkat Kecamatan Teweh Tengah adalah anggaran dasar dan anggaran rumah tangga lembaga pengembangan tandak upacara keagamaan umat kaharingan, serta surat keputusan lembaga pengembangan tandak upacara keagamaan kaharingan Barut nomor 06/LPT-UKUK/TT/X/2009 tentang pembentukan panitia pelaksana.

“Melalui kegiatan Festival ini kita tingkatkan iman dan taqwa kepada Ranying Hatalla Langit serta memperkokoh persatuan dan kesatuan diwilayah ini,” ungkapnya.

Dikatakannya pula, para peserta yang terdiri anak –anak dan remaja perwakilan setiap Desa nantinya akan ditampung di asrama putra dan putri dalam komplek dan mengenai konsumsi di jamin oleh panitia yang dananya bantuan dari Pemerintah Kabupaten Barut serta dana swadaya umat hindu kaharingan setempat.

Adapun perlombaan yang akan di lombakan yaitu, Pandehen, Kandayu, Baca kitab panaturan, Cerdas cermat,Tari tarian dari tingkat anak- anak dan dewasa serta olah raga seperti poly bal dan tenis meja.

Ketua majelis Daerah Hindu Kharingan Barut Sernus Rawan mengatakan, dilaksanakan perlombaan tandak intan kaharingan tingkat Kecamatan Teweh Tengah ini hendaknya menambah ketaqwaan kepada yang maha kuasa.

Dia juga menghimbau agar dalam perlombaan nanti hendaknya para juri memberikan nilai yang sportif jangan ada kepentingan golongan atau kelompok tertentu.

“Kegiatan ini sudah menjadi salah satu aset budaya Barut. Hendaknya dilaksanakan setiap tahunnya, karena ini sebagai wahana untuk putra dan putri untuk meningkatkan pendidikan di bidang agama apalagi dalam masa pendidikan sekolah sekarang ini,” ucapnya.

Tag:
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: