Beranda > DAS Barito > Rp 67 Milyar Untuk Tangani Jalan dan Jembatan

Rp 67 Milyar Untuk Tangani Jalan dan Jembatan

Laporan : Mardedi

MUARATEWEH – Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Barito Utara melalui bidang Bina Marga hanya dapat alokasi dana untuk penanganan sejumlah ruas jalan dan jembatan tersebar di enam Kecamatan sebesar Rp 67 miliar.
“Jalan rusak perlu ditangani sekitar 522 kilometer dengan 114 ruas. Pada tahun ini seharusnya dilakukan perbaikan mengingat kerusakannya cukup parah,”kata Kepala Dinas Pekerjaan Umum Barut Ir Helmi.
Namun keterbatasan dana disalurkan pusat untuk Barut, terpaksa penanganan menganut sistem skala prioritas. Untuk itu, sebutnya, bagi warga yang usulannya tak bisa terakomudir tahun ini diharapkan bersabar hingga tahun berikutnya.
Dikuinya, dibanding kabupaten tetangga seperti Murung Raya dan Barito Selatan, tahun ini bidang Bina Marga Barut paling sedikit dikucurkan dana. “Kalau tidak salah urut tiga paling kecil,” imbuh Helmi.
Menurut Helmi, dikalkulasi dengan kerusakan yang ada ini untuk penanganan hingga permanen membutuhkan dana tidak kurang Rp 2 miliar tiap kilometernya. Itu untuk klasifikasi cor beton, seperti di beberapa ruas jalan dalam kota Muara Teweh.
“Memang untuk cor beton dananya besar tapi dijamin pula mutunya jauh dibanding pengerasan biasa. Setelah atasnya disiram dengan aspal dijamin mampu menahan beban 20 ton dengan ketahan mencapai 25 tahun,” ucapnya.

Melihat fakta kerusakan, Helmi berpendapat memang sebaiknya penanganan dilakukan dengan sistem cor beton. Apalagi kerusakan terbanyak pada tanjakan, lengkukan yang bila hanya ditimbun dengan okes akan cepat terkelupas kembali.

Tag:
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: