Beranda > DAS Barito > 12 Perusahaan Hanya Hasilnya Rp 7 Milyar Setahun

12 Perusahaan Hanya Hasilnya Rp 7 Milyar Setahun

Laporan : mardedi

MUARA TEWEH-Sektor pertambangan Kabupaten Barito Utara (Barut), Kalteng, ternyata masih lemah. Inkam untuk daerah dalam setahun belum mencapai puluhan milyar. Padahal kini ada 12 perusahaan tambang tahap produksi.
Data diperoleh dari situs Dinas Pertambangan Provinsi Kalteng. Dari total 688.614,310 Metrik Ton hasil produksi dalam setahun, inkam untuk daerah hanya kurang lebih Rp 7,1 milyar, terdiri dari Landrent Rp 904,817.362 dan Royalty Rp 6.286.755.405.
Angka perolehan Barut tersebut jauh lebih kecil dibanding hasil kerja sektor pertambangan Kabupaten Murung Raya (Mura). Padahal di kabupaten hasil pemekaran wilayah Barut itu baru satu perusahaan produksi.
Penghasil sektor pertambangan Mura tahun ini mencapai kurang lebih Rp 31,5 milyar padahal di kabupaten paling hulu DAS Barito itu baru satu perusahaan batu bara masuk tahap produksi. Ini termasuk angka fantastis karena Mura belum genap berumur 10 tahun.

“Landrent Mura Rp 2.385.300.476 sedangkan hasil Royalty Rp 29.186.809.016. Mura menargetkan penghasilan sektor pertambangan mencapai Rp500 milyar setahun meski hanya lima perusahaan produksi, dari puluhan perusahaan dalam tahap explorasi,” tulis situs Dinas Pertambangan Kalteng.(*)

Tag:
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: